Friday 19 August 2011

Data AS Lemah Ekuitas Tumbang USD Safe Haven

Tadi malam USD dibeli agresif karena data ekonomi AS yang lemah mendorong meningkatnya permintaan safe haven. Saham tenggelam sementara obligasi rally, dengan hasil 10-tahun jatuh ke rekor terendah karena para investor mencari posisi aman di AS dan obligasi inti lainnya seperti Jerman dan Inggris. Emas naik ke rekor baru sementara minyak pada posisi yang lebih rendah.

Data AS yang lemah termasuk Jobless Claims meningkat, Fed Manufacturing Index yang rendah, dan penurunan tak terduga existing home sales.Yang telah menghidupkan kembali kekhawatiran tentang resesi di AS.

Di Eropa kita memiliki keprihatinan atas sistem perbankan Eropa dan kurangnya dari solusi untuk krisis utang di bangun dari pertemuan Jerman-Perancis minggu ini. Ekuitas Eropa melemah tajam bahkan sebelum market New York dibuka yang telah membantu menaikkan USD.


Jika ekuitas lemah dan krisis perbankan di Eropa, dikombinasikan dengan ketakutan akan resesi di AS, maka akan dapat memicu kembali beberapa penjualan yang tajam yang kita lihat di pasar minggu lalu. Dalam skenario seperti USD bisa mendapatkan keuntungan sebagai obligasi masih tetap sebagai salah satu aset paling aman.

Data CPI AS memperkuat USD hal ini ditunjukkan dengan Consumers Price yang meningkat 0,5%, yang merupakan kenaikan terkuat dalam 4 bulan.

  • Core CPI meningkat 0,2%, kenaikan ini lebih moderat, dan itu menunjukkan bahwa makanan dan biaya energi adalah alasan utama peningkatan ini.

  • Hal ini juga menunjukkan core CPI naik 1,8%, lebih tinggi dari perkiraan 1,7% dan seperti yang terlihat pada bulan Juni 1,6%.
  • Annual rate tetap pada tingkat 3,6%, lebih kuat dari perkiraan.
Inflasi yang lebih tinggi (annual core CPI) menjadi bertentangan arah dengan salah satu keputusan yang di tetapkan Bernanke yaitu dalam hal pelonggaran kuantitatif lebih lanjut. Dia mengatakan bahwa inflasi yang akan jatuh kembali sebelum The Fed mengambil tindakan tersebut. Namun ini adalah batch terbaru dari data yang menunjukkan ekonomi melemah secara substansial dan jadi kita akan melihat apakah Fed akan kembali pada kondisi ini.
Dalam kasus apapun, dari blush pertama, laporan ini merupakan faktor USD positif seperti borgol FOMC dalam jangka pendek dari pengambilan langkah-langkah stimulus kebijakan moneter.

0 comments:

Post a Comment